Monday, December 9, 2019

Pelayanan Kesehatan Digital Kesehatan Bertambah, SehatQ Tawarkan Kemudahan Baru




         
Sehatq.com

Kesehatan merupakan hal penting bagi kehidupan kita. Kesehatan juga menjadi salah satu tolok ukur keberhasilan sebuah negara. Keberhasilan itu dimulai dari adanya upaya pencegahan penyakit tertentu, penanganan suatu wabah, sampai penyakit-penyakit yang perlu pengobatan panjang dan rumit. Keseriusan pemerintah dan kesadaran dari masyarakat juga hal penting yang tidak boleh dilupakan dalam masalah kesehatan.
Beberapa masalah kesehatan masih menjadi ancaman bagi masyarakat dalam beberapa tahun terakhir. Pemerintah berupaya keras untuk menanggulanginya dengan cara meningkatkan pelayanan di berbagai sektor dan menjangkau ke berbagai pelosok negeri. Apalagi ditambah dengan masih rendahnya kesadaran masyarakat untuk menjaga kesehatan. Cara menjaga kesehatan yang baik bisa dengan cara seperti rutin berolahraga, mengkonsumsi buah dan sayur, serta pola hidup yang baik agar terhindar dari stres. Di samping kesehatan fisik, kesehatan mental juga tidak kalah penting. Gaya hidup zaman sekarang ini bisa mendorong masyarakat pada persaingan yang tanpa henti di berbagai bidang kehidupan, hal ini bisa beresiko menimbulkan banyak penyakit bagi tubuh.
Dilansir dari CNN Indonesia, berikut adalah infografis mengenai potret kesehatan di Indonesia pada tahun 2018 yang lalu.



Hasil Riskesdas 2018.Hasil Riskesdas 2018. (CNN Indonesia/Fajrian)


Salah satu upaya dalam meningkatkan mutu kesehatan masyarakat adalah dengan adanya kemudahan dalam akses kesehatan itu sendiri. Dimulai dari tersebarnya tempat-tempat kesehatan hingga ke berbagai pelosok agar memudahkan warga untuk berobat. Di era digital seperti sekarang ini, kemudahan bisa didapat dari alat di genggaman tangan. Ya, dengan menggunakan ponsel dan akses internet, kita sudah bisa mengakses banyak informasi dari berbagai hal di penjuru dunia. Oleh karena semakin mudahnya itu pula, hal ini dimanfaatkan dengan baik oleh platform digital kesehatan untuk membuat aplikasi yang berisi macam-macam pelayanan kesehatan bagi masyarakat.
Seperti kemudahan yang diberikan oleh SehatQ, di mana kita bisa mendapatkan fitur-fitur mulai dari konsultasi dengan dokter ahli, artikel-artikel kesehatan, booking dokter hingga pelayanan dalam mencari rumah sakit terdekat. Faktor penting lain mengenai akses kesehatan adalah karena artikel-artikel kesehatan yang kita dapatkan di mesin pencari Google tidak semua relevan dengan pertanyaan yang diajukan. Hal ini menimbulkan keresahan karena sering kali artikel yang didapat berisi ancaman penyakit yang serius. Ketika masyarakat ingin mencari solusi untuk pengobatan, yang ada malah ketakutan dan pikiran buruk karena pengaruh artikel atau keterangan yang salah. Inilah pentingnya konsultasi langsung dengan dokter. Dari yang awalnya hanya menduga-duga, kita bisa mendapatkan kepastian dari analisa dokter terkait masalah kesehatan yang kita tanyakan. Melalui SehatQ  kita bisa langsung akses pilihan menu “Tanya Dokter” lewat tautan ini http://www.sehatq.com. Atau jika sedang berada di wilayah baru/ bepergian dan mengalami masalah kesehatan, kita bisa mencari rumah sakit terdekat dengan mengakses tautan ini http://www.sehatq.com/faskes/rumah-sakit. Lewat sistem GPS, SehatQ akan mendeteksi posisi kita dan menghubungkan letak rumah sakit terdekat di daerah tersebut.
Dalam salah satu kampanyenya, badan kesehatan dunia WHO pernah memberikan tiga poin penting, yaitu kesetaraan dalam akses kesehatan, kualitas pelayanan kesehatan, serta perlindungan resiko finansial pasien. Dengan adanya kemudahan yang ditawarkan SehatQ, sekaligus membantu pemerintah melalui Kementrian Kesehatan dalam mewujudkan tiga poin dari WHO tersebut. Masyarakat bisa mengakses kebutuhan informasi kesehatan  dengan mudah dan terpercaya, karena artikel yang ditulis berdasarkan sumber-sumber hasil penelitian serta mendapat tinjauan langsung dari dokter ahli. Hal itu merupakan upaya meningkatan masyarakat yang teredukasi dalam masalah kesehatan dengan memberikan inofrmasi yang akurat agar tidak timbul pikiran negatif dan pesimis. Keterkaitan antara pikiran negatif dengan kesehatan yang sedang terganggu malah akan menimbulkan keresahan lain yang malah memperburuk keadaan. Memang tidak semua artikel seperti demikian, namun alangkah baiknya bila kita mendapatkan informasi yang tepat dari sumber yang terpercaya pula.
Mengutip pertanyaan SehatQ dalam video perkenalannya, “Butuh info kesehatan yang terpercaya?”, lalu salah satu artikel terbarunya berisi tentang musim pancaroba dan obat masuk angin apa saja yang harus kita siapkan. Artikel ini relevan dengan keadaan alam kita sekarang yang tengah bergeser dari musim kemarau panjang ke musim hujan. Peralihan musim ini tentu harus kita waspadai mengingat cuaca senatiasa cepat berubah-ubah. Kondisi tubuh yang tidak stabil bisa menimbulkan gangguan kesehatan yang mengganggu aktivitas. Info kesehatan dari artikel itu tidak hanya relevan tapi juga terpercaya dan masyarakat dapat mengaksesnya dengan mudah lewat situs atau aplikasi SehatQ.
Jadi, dengan kemudahan yang ditawarkan SehatQ di atas, SehatQ layak menjadi asisten kesehatan Anda dan keluarga.

Referensi:
Musim Pancaroba, Sudah Siapkan Obat Masuk Angin Apa Saja? https://www.sehatq.com/artikel/musim-pancaroba-sudah-siapkan-obat-masuk-angin-apa-saja


No comments:

Post a Comment